This is featured post 1 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.

This is featured post 2 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.

This is featured post 3 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.

Sabtu, 26 April 2014
Tugas Matif 4, Kelompok 3 *Graph Tak Berarah*
Kelas : 2IA13
Nama Anggota Kelompok 3
- Aswendy (wendy)
- Edho Pratama Bisma Andhika (edho)
- Gusti Regina (gusti)
- Indra Dwi Adhawicahya (indra)
- Lhia Aulia susanti (susan)
- Oki
- Vera munfarijah (verra)
- Rizky Herpurwadi (adi)
- Rio Septianur (Rio)
- Muhammad Setio Utomo (Setio)
Sabtu, 15 Maret 2014
PENDAHULUAN TENTANG WEB SCIENCE
Web dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy John ¨Tim Berners-Lee,
tetapi pada saat itu web masih berjalan
tanpa terhubung jaringan. Web semakin popular ketika mulai terhubungan jaringan
internet, yaitu pada akhir tahun 80-an. Pada awalnya tampilan web masih
sangatlah sederhana hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada
saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu
halaman ke halaman lainnya.
Web Science merupakan penjabaran dari 2 arti yang berbeda, yaitu Web dan
Science.
Web adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data
gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Selasa, 26 November 2013
Konsep Desain New Media Yang Interaktif & Menarik
New
Media merupakan istilah yang luas yang muncul dibagian akhir abad ke-20 untuk
mencakup penggabungan antara dari media tradisional seperti film, gambar,
musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan kekuatan yang interaktif teknologi
komputer dan komunikasi, komputer konsumen diaktifkan perangkat dan yang paling
penting adalah internet.
Desain
New Media adalah konsep penciptaan informasi dan data pada teknologi
komputerisasi,jaringan data digital, teknik komunikasi dan lainnya yang
terlibat dengan implementasi terhadap new media. Segala bentuk apa pun yang
mampu dimanipulasi, jaringan atau dikompresi dianggap sebagai new media. Yang membedakan new media dari media tradisional
bukan digitalisasi konten media ke bit, tetapi kehidupan yang dinamis dari “new
media” isi dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Kehidupan ini
dinamis, bergerak, bernapas dan mengalir dengan berdenyut kegembiraan secara
real time. Lain janji penting dari New Media adalah “demokratisasi” dari,
penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi isi media.
Dengan demikian, siaran televisi definisi tinggi
digital film dilihat pada plasma TV digital masih merupakan contoh dari media
tradisional, sementara “analog” kertas poster dari sebuah band rock lokal yang
berisi alamat web dimana para fans dapat menemukan informasi dan digital
download musik adalah contoh komunikasi new media.
Wikipedia
sendiri adalah salah satu contoh terbaik dari fenomena new media, menggabungkan
teks Internet digital dapat diakses, gambar dan video dengan
web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan
pembentukan komunitas peserta editor dan donor.
Sebagian
besar teknologi digambarkan sebagai “new media” yang digital, sering memiliki
karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif
dan tidak memihak . Beberapa contoh mungkin Internet, website, komputer
multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. new media tidak program
televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas – kecuali mereka
mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis
yang berisi tag-link web .
Proses Pengembangan Aplikasi
New Media :
- Fase requirement atau penelusuran
kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa
yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan
seperti apa hasil yang diinginkan.
- Fase analisa, pada tahapan ini
berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti
apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah
yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses
pengembangan,dsb.
- Fase perancangan, pada tahapan ini
kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat
berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
- Fase pengembangan , tahapan
implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan
menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase
perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu
fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
- Fase installasi, setelah memastikan
bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria
yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada
server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.
Tahap Pengembangan Aplikasi
New Media :
- Konsepsi :
Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk.
Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan
dibuat secara umum.
- Analisa :
Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk
mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi
suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
- Simulasi :
Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi
yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi.
1. Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
2. Error-error yang mungkin terjadi.
3. Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.
- Algoritma :
Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan
proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan
dengan simulasi yang telah dilakukan.
- Konstruksi :
Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level
pemrograman.Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
- Evaluasi :
Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah
dibuat. Program
harus berjalan sesuai dengan yang telah
dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana
kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari
tahap tersebut.
(Sumber ) :
Selasa, 05 November 2013
Fitur, Konten, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan Aplikasi New Media

§
Sejarah
Twitter adalah layanan
jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter mulai dari didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack
Dorsey, dan Biz Stone. Twitter pertama
kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi
lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006.
§
Fitur
A. Berikut
adalah fitur aplikasi yang ada di twitter untuk PC, diantaranya
adalah:
1.
Tweetdeck.com – merupakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi tweets kebeberapa
kelompok topik atau kolom grup. Dengan aplikasi ini anda dapat menciptakan
database sendiri, sehingga anda dapat mengetik tweets baru walaupun sedang
offline. Tweets tersebut akan langsung terkirim ke akun twitter anda, setelah
twitter anda diaktifkan.
2. Digitweet.com – merupakan perangkat open source yang bias dijalankan untuk PC dengan OS Windows sehingga dapat digunakan di Desktop untuk mengakses Twitter. DigiTweet menyediakan fungsionalitas Twitter dengan user interface yang kaya melalui Windows Presentation Foundation. Di fitur utama disediakan fasilitas pencarian untuk menemukan pengguna twitter lainnya serta isi Twitter, daftar teman-teman, sekaligus melihat akun twitter siapa yang mengikuti dan yang anda ikuti.
Minggu, 27 Oktober 2013
Definisi Pandangan, Manfaat, Komponen, dan Contoh dari New Media
Definisi New Media
New
Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media
yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru.
Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan
distribusinya.New media menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana
saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang
interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten
media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi
konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan
hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas
dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time.
Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari
media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk
digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan
lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif
juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah
dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya.Jadi sudah seharusnya
perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Sabtu, 15 Juni 2013
Hubungan Teknologi Komunikasi terhadap Kebudayaan
Perkembangan
teknologi saat ini sudah sangat cepat sekali, khususnya teknologi
informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi ini juga dapat membawa dampak dan pengaruh bagi bangsa Indonesia.
Pengaruh ini dapat bersifat negatif dan positif bagi kita bisa merusak diri kita atau dapat
meningkatkan prestasi kita.
Teknologi
informasi dan komunikasi saat ini merupakan pendukung bagi terselenggaranya era
globalisasi sekarang. Berkat adanya dukungan teknologi segala informasi dalam
bentuk apapun bisa dapat disebarluaskan dengan mudah dan praktis. Ini juga
cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa.
Makin canggih teknologi yang kita rasakan maka makin besar pula manfaat arus
informasi yang dapat kita sebarluaskan.
Pada
umumnya teknologi ini diciptakan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam
berbagai aspek kehidupan baik pada saat kita bekerja, berkomunikasi, bahkan
pula untuk mengatasi persoalan yang timbul. TIK tidak hanya membantu dan
mempermudah manusia tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan
aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat mempengaruhi budaya masyarakat yang
sudah tertanam sebelumnya.
Minggu, 06 Januari 2013
Manusia sebagai Makhluk Sosial
Manusia adalah makhluk yang selalu
berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan
dengan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial karena manusia menjalankan
peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan
perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui
medium kehidupan sosial.
Esensi manusia sebagai makhluk sosial pada
dasarnya adalah kesadaran manusia tentang status dan posisi dirinya adalah
kehidupan bersama, serta bagaimana tanggungjawab dan kewajibannya di dalam
kebersamaan.
Dalam kehidupan manusia membutuhkan sebuah
ketenangan jiwa dalam hidupnya oleh karena itu manusia meyakinkan bahwa Tuhan
itu ada dan akan membantu setiap manusia dimuka bumi ini. Hakikat manusia
sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi dan paling mulia. Hal ini
disebabkan karena manusia memiliki akal, pikiran, rasio, daya nalar, cipta dan
karsa, sehingga manusia mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia
seutuhnya.