Autodesk maya adalah software animasi 3D yang
dilengkapi dengan fitur canggih dan komprehensif. Dengan Autodesk maya 2013
anda dapat menciptakan karya animasi 3D. Autodesk maya 2013 menyediakan
perangkat tools untuk animasi, pemodelan, simulasi, matchmoving dan compositing
untuk membantu anda menghasilkan karya yang berkualitas. Autodesk maya 2013
sering digunakan untuk pengembangan sebuah game dan proyek animasi 3D lainnya.
PadaAutodesk maya 2013 ini telah dibubuhkan tools kreatif terbaru untuk membantu
anda menciptakan sebuah konten dan karya yang berkualitas tinggi secara cepat.
Perbedaanya dengan software sejenis seperti
3ds Max ataupun Blender dan lain sebagainya sebenarnya tidaklah terlalu jauh,
karena semua software tersebut sama-sama mempunyai workspace yang bisa diatur
sesuai keinginan user agar lebih mudah dilihat, mempunyai tools-tools yang juga
hampir sama seperti move, rotate, scale, dan lain sebagainya.
Cara Penggunaan
Membuat Gears
Jadi untuk pemula, membuat silinder polygon dengan 20 segmen, dan segmen topi untuk 0. Skala itu turun.

Kemudian pilih setiap wajah kedua.

Pergi untuk mengedit jala / mengubah komponen, ini akan memberi Anda manipulator, skala sekitar xa bit.

Jadi untuk pemula, membuat silinder polygon dengan 20 segmen, dan segmen topi untuk 0. Skala itu turun.

Kemudian pilih setiap wajah kedua.

Pergi untuk mengedit jala / mengubah komponen, ini akan memberi Anda manipulator, skala sekitar xa bit.

Kemudian mengusir wajah tersebut. Jika Anda membutuhkan beberapa tweaking, di kotak channel Anda dapat melihat daftar input. Klik pada mereka untuk mendapatkan opsi. Atau tekan tombol T dan Anda akan mendapatkan manipulator.

Jadi satu gigi dilakukan.

Buat lain dengan 40 segmen.


Memutar mereka untuk mencocokkan, sehingga tidak ada tumpang tindih. Gunakan tombol + dan - untuk mengubah ukuran manipulator.


Lalu pergi ke animasi set menu, dan kemudian menghidupkan / set didorong kunci / set

Sebuah jendela akan muncul terbuka. Pilih gigi Anda akan berputar, saat menghidupkan, dan klik sopir beban, pilih rotateY. Kemudian pilih peralatan lain dan klik memuat didorong, pilih rotateY. Tekan tombol Kunci. Jangan tutup jendela ini dulu.

Perhatikan bagaimana didorong benda rotateY disorot dalam oranye - ini berarti bahwa ia memiliki kurva sebagai masukan.

Putar gigi untuk satu langkah, dan kemudian tekan tombol di set jendela kunci didorong. Sekarang ada dua tombol. Jika Anda memutar objek driver, obyek didorong akan merotasi juga, tapi hanya untuk satu langkah.


Pilih objek didorong dan pergi ke Grafik Editor. Perhatikan kurva hijau. Kurva ini mendefinisikan hubungan antara sopir objek rotationY dan didorong objek rotationY.

Pergi ke tampilan / infinity

Sekarang Anda dapat melihat bagaimana kurva terlihat sebelum dan sesudah kunci. Jadi dalam kasus kami ini berarti bahwa gigi akan berputar hanya antara kedua tombol, dan sebelum dan sesudah itu akan tetap konstan. Itu sebabnya gigi kedua berputar hanya satu langkah.

Dalam editor grafik pergi ke kurva / pre infinity / linier dan kurva / infinity / linier pos. Sekarang ketika Anda memutar roda gigi pertama, kedua berputar juga.

Itu cara # 1. Sekarang untuk cara # 2 (Dalam Maya, ada setidaknya 5 cara untuk melakukan hal yang sama). Pilih objek driven, klik kanan pada rotateY, dan putuskan hubungan.

Kemudian pada menu yang sama memilih ekspresi.

Jenis: pCylinder1.rotateY = pCylinder2.rotateY * (-2) -1,022;
Yang berarti bahwa silinder yang lebih kecil akan berputar dua kali lebih lambat yang lebih besar, dan dalam arah yang berlawanan (itu sebabnya ada -). Kami kurangi 1.022 karena rotasi frame pertama adalah -1,022, yang pada dasarnya offset gigi.

Jadi silinder memutar sama seperti dalam contoh pertama

Sekarang pilih semua sisi pada gigi

Shift + RMB memilih tepi bevel.

Menyetel opsi untuk bevel.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN
Maya 3D memiliki kemampuan untuk
kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan
mudah memanipulasi masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa
kontrol dan fleksibilitas. Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan
karya-karya seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan
besar dalam menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu
membuat objek terlihat lebih realistis.
KEKURANGAN
Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat
yang sempurna untuk kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung
beberapa kelemahan yang Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED
seperti 3ds Max, yang berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk
karakter pengguna banyak membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun
kerangka dari bawah ke atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya,
terutama jika Anda membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game.
Juga, antarmuka untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan
mungkin membingungkan beberapa pengguna pertama kali.
Sumber:
http://hideki248.blogspot.com/2012/04/pengenalan-autodesk-maya.html
http://pekku-no-buroggu.blogspot.com/2013/08/3d-modelling-tutorial-membuat-dan.html
http://zirakarisma.blogspot.com/2013/10/membuat-gears-autodesk-maya.html#.VHQchtKsWbI
http://pekku-no-buroggu.blogspot.com/2013/08/3d-modelling-tutorial-membuat-dan.html
http://zirakarisma.blogspot.com/2013/10/membuat-gears-autodesk-maya.html#.VHQchtKsWbI
0 komentar:
Posting Komentar