Sabtu, 22 November 2014

3D Max : Tutorial Membuat Cangkir

Anggota Kelompok :
Aswendy (51412230)
Indra Dwi Adhawicahya (53412691)

RIizky Herpuwadi (56412608)


    3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.

Pada kali ini saya ingin menjelaskan tutorial cara membuat model 3D cangkir pada software 3Ds Max. Step by stepnya sebagai berikut :

1.     Buka aplikasi 3Ds Max, kemudian tekan tombol Maximize Viewport Toggle kemudian tekan tombol pada keyboard untuk merubah tampilan tampak depan.

2.    Kemudian membuat garis dengan cara pilih  Create  →  Shapes → Line dan Pilih Snaps Toggle agar pada saat membuat garis rata dan sesuai keinginan.

3.    Setelah membuat garis seperti gambar diatas pilih ke menu Modifier List pilih Line kemudian klik pada tanda +  lalu pilih spline. Pada menu spline pilih outline.

4.    Dan untuk mempertebal garis yang telah dibuat, masih pada Modifier List pilih Line tekan tanda + di Line lalu pilih spline. Drag kedalam atau tekan lalu tarik mouse kedalam.

5.    Lalu tekan kembali pada line lalu tambahkan modifier dengan cara Pilih pada Modifier List pilih Late dan tekan tanda pada Lathe pilih Axis dan tarik sumbu X kekanan.

6.    Dan untuk menumbuhkan hadle pada cangkir dengan cara kembali ke menu Lathe lalu klik kanan pada objek pilih Convert to Editable Poly.

7.    Klik tanda pada Editable Poly pilih Edge kemudian tekan tombol F3 pada keyboard lalu pilih salah satu Edge pada objek.

8.  Kemudian tekan tombol Ring untuk menyeleksi Edge yang sejajar dengan Edge yang diseleksi tadi sehingga tidak perlu menyeleksi satu per satu.

9.  Kemudian pilih tombol connect isi segment 4 untuk menumbuhkan segment pada objek cangkir lalu OK dan terbentuklah beberapa segment.

10. Kemudian pilih Polygon tekan ctrl pada keyboard klik pada objek lalu putar sedikit kekanan lalu pilih Extrude untuk menumbuhkan handle pada objek cangkir lalu tarik keatas.

11. Kemudian untuk menyambungkan handle dengan cara pilih Vertex kemudian rapihkan dan seleksi Vertex pada objek lalu tekan F3 dan pilih Polygon klik Polygon yang ada pada handle dibawah lalu pilih Extrude untuk menyambungkan handle tarik keatas dan tekan tombol del pada keyboard.

12. Pindah ke mode Vertex untuk  menyambungkan pada objek bawah dengan handle yang ada diatas. Caranya pilih pada Target Weld tarik dari vertex awal ke tujuan yang akan disambungkan lalu tekan F3.

13. Kemudian cara untuk menghaluskannya pilih Editable Poly lalu tambahkan Modifier List TurboSmooth Pilih TurboSmooth.

14. Dan yang terakhir Isi pada Iterasi dengan 3.



Untuk tutorial screenshotnya dapat dilihat di link berilut ini :  http://goo.gl/U1i5V0

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews