Selasa, 14 Juni 2016

Pengalaman Suka-Duka Membuat Penulisan Ilmiah (PI)

Saya adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika Angkatan 2012. Saat ini saya sudah mencapai tingkat 4 (semester 8). Pada saat saya masih semester 6, saya ditugaskan membuat sebuah PI (Penulisan Ilmiah). PI ini adalah tugas pengganti dari PKL (Praktek Kerja Lapang) yang biasa dilaksanakan di Universitas lain. Karena jurusan TI di Universitas Gunadarma tidak ada PKL. Penulisan Ilmiah ini bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk sidang Tugas Akhir dan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar setara Sarjana Muda (D3). Pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman suka-duka saya sewaktu membuat Penulisan Ilmiah.
Sekitar 2 minggu setelah masuk semester 6 setiap mahasiswa akan mendapatkan dosen pembimbing (DP). Biasanya setiap kelas akan terdapat 3 dosen pembimbing dan setiap mahasiswa akan mendapat 1 dosen pembimbing. Tiba hari pertama untuk bimbingan, saya dan teman-teman saya berkumpul di kelas. Satu kelas dibagi menjadi 3 grup sesuai dengan Dosen Pembimbingnya. Alhamdullilah saya mendapatkan DP yang cukup baik. Beliau adalah Bapak Dr. Rifki Kosasih, M.Si.
Pada pengalaman pertama tatap muka dengan DP saya, dia menerangkan sepintas tentang PI dan langsung menanyakan tema/materi yang ingin dibuat kepada setiap anak yang dibimbingnya. Alhamdullilah tema yang saya ajukan di Acc oleh DP saya. Tema yang saya ajukan adalah E-learning berbasis Web. Pada bimbingan kedua, tiap mahasiswa menghadap DP satu persatu untuk memberikan gambaran dan judul dari Pi mereka masing-masing. Tiba giliran saya untuk menghadap DP, saya memberikan seluruh gambaran untuk PI saya. Saya mengajukan judul PI kepada DP dan akhirnya di Acc. Judul Pi yang saya buat yakni  “PENGENALAN PROVINSI DI INDONESIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP”. Dan saya langsung disuruh membuat BAB 1 dan BAB 2.
Dalam pengerjaan PI saya mendapat pengalaman suka dan duka. Ketika BAB1 dan BAB 2 sudah selesai, saya langsung mengajukan ke DP. Tetapi ternyata masih ada yang harus direvisi sedikit. Walaupun sedikit kecewa tapi saya tidak putus asa dan tetap semangat sampai BAB 1 dan BAB 2 tersebut di terima oleh DP saya pada bimbingan selanjutnya. Ketika BAB 1 dan BAB 2 selesai, saya langsung membuat BAB 3 dan pembuatan programnya. Pada tahap ini agak banyak memakan banyak waktu karena program yang saya buat sering mengalami eror dan penulisan BAB 3 otomatis terhambat karena tergantung dari proses pembuatan programnya. Hingga BAB 3 dan programnya selesai dan diterima DP, saya lanjutkan membuat BAB 4 sampai mendapatkan surat persetujuan sidang dari DP.
Saya langsung mengurus persyaratan untuk sidang dengan beberapa teman saya yang sudah selesai, dan saya pun mendapatkan sidang di tanggal 18 Juni 2015 pukul 12.00 (shift 2). Pada tanggal ini saya bersama  5 teman kelas saya sidang Penulisan Ilmiah.

Tepatnya pada tanggal 18 Juni 2015 saya sidang, saya sangat merasa tegang. Saya datang lebih awal pada pukul 08.00. Setelah itu saya mendapatkan ruangan B dengan 3 penguji. Alhamdulillah sidang pun berjalan lancar. Saya mendapatkan sedikit revisi penulisan, saya menyelesaikan revisi dalam 1 hari dan semua sudah selesai. Setelah selesai semua saya pun merasa bersyukur dan bahagia. Nilai yang saya dapat untuk Penulisan Ilmiah yaitu A. Saya sangat bersyukur.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews